Breaking News

5 Langkah Untuk Optimalkan Omzet Usaha dengan Aplikasi Kasir Olsera Berikut Cara Kredit Toyota Fortuner Beserta Harga Terbaru Manfaat Red Jelly MS Glow Untuk Kulit Wajah

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, jadi satu di antara kementerian yang ikut memberikan dukungan serta inisiasi terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Karena itu, Kemendag memiliki jurus untuk bikin produk para pelaku UMKM dapat menembus pasar internasional alias go global. "Memaksimalkan itu caranya yakni kami memiliki program atau kegiatan rutin secara berkala untuk memastikan UMKM ini bisa didampingi secara berkesinambungan," ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam webinar "UMKM Goes to Global Market", Rabu (20/7/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, untuk mendorong ekspor UMKM bertumpu kepada pelatihan, pengemasan, dan advokasi melalui Pusat Pendidikan Ekspor Indonesia (PPEI). "PPEI itu tugas dan tujuannya adalah memberikan dukungan asistensi dalam banyak hal, dari packaging, pendampingan, pelatihan, sampai kepada caranya memenuhi standar dan sertifikasi nasional maupun internasional," katanya. Jerry menambahkan, Kemendag berupaya untuk memastikan supaya UMKM bisa go global, karena kontribusinya terhadap konsumsi rumah tangga sangat besar dan juga untuk perdagangan nasional.

"Mungkin lebih 90 persen berpusat kepada produksi household atau konsumsi rumah tangga. Tetapi untuk ekspor masih harus ditingkatkan karena nilainya belum maksimal," pungkasnya. Adapun berdasarkan data Kemendag, persentase kontribusi UKM terhadap ekspor nonmigas nasional masih berada di kisaran 15,7 persen hingga 17 persen per Juni 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share Article: